Basnetg.com - Premium WordPress Themes

sidebarads

GUBERNUR JABAR TERIMA BUKU SEJARAH BAHASA SUNDA

Published on: Kamis, 05 Januari 2012 //



Ketua Harian Panitia Gerakan Sarebu Pikeun  Buku (PGSPB) Shahlan Rasyidi usai Sidang Paripurna Istimewa DPRD menyerahan buku Sejarah Bogor berbahasa sunda  kepasa Gubernur Jawa Barat Ahmad  Heryawan.
Penyerahan buku Sejarah Bogor berbahasa sunda menandai di Launchingnya buku tersebut oleh PGSPB. Selain Heryawan buku sejarah Bogor berbahasa sunda itu diberikan kepada Walikota Bogor Diani Budiarto, Ketua DPRD Mufti Fauqi,  Wakil  Ketua DPRD Tauhid J Tagor, dan Untung W Maryono.
Buku setebal 136 halaman tersebut  berisi sejarah mulai dari Kerajaan Pakuan Pajajaran sampai sekitar hari Jadi Bogor “Ada 1.500 buku yang kita terbitkan pada tahap awal, dan untuk berikutnya akan kita terbitkan lagi, “ kata Shahlan Rasyidi.
Ketua Harian Panitia Gerakan Sarebu Pikeun  Buku (PGSPB) Shahlan Rasyidi  menjelaskan  proses penterjemahan buku sejarah tersebut dilakukan oleh   WS. Sukmawati, SS, M.Pd.   “ Sukmawati adalah seorang sarjana sastra sunda Universitas Pajajaran Bandung, yang kini  menjadi pengajar di Madrasyah Tsanawiyah (MTs) Negeri Bogor. Dan juga mengarang buku bahasa sunda berjudul reka basa, “ ungkapnya. Selain itu, penerbitan buku tersebut  melibatkan dua editor yakni   Drs. Inotji Hayatullah dan  Dadang HP.
Menurutnya,  buku Sejarah Bogor sendiri pernah diterbitkan   pada tahun 1983, hingga sekarang tidak pernah dicetak lagi. padahal, banyak sekali yang menanyakan keberadaannya.  “Mungkin karena dicetak dalam jumlah yang sangat terbatas, “ ujarnya.
Ia menjelaskan, bahwa biaya untuk mencetak buku tersebut dikumpulkan selama lebih 8 bulan, dari berbagai kalangan masyarakat, mulai dari sekolah, komunitas, serta yang lainnya.
Buku yang ditulis oleh Saleh Danasamita diterbitkan bertepatan dengan peringatan HJB ke 500 tahun 1983, saat itu Kota Bogor dijabat oleh Walikotamadya Kepala Daerah Tingkat II Bogor H. Achmad Sobana SH.   Bersamaan  dengan itu pula ditancapkan Tugu Kujang yang kini masih berdiri kokoh di Jalan Pajajaran Kota Bogor.
Ke depan, lanjut Shahlan, GSPB akan menghususkan diri mencetak buku-buku berbahasa Sunda, mulai dari kumpulan carpon, dongeng-dongeng, sajak dan yang lainnya.  Hal ini  ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dan penyadaran bagi para generasi muda sunda, agar kembali mencintai seni dan budaya para leluhurnya.
“Bukan tidak mungkin kami akan menerbitkan karya-karya anak sekolah di Bogor, mulai dari SD hingga SMA. Sehingga mereka terpacu untuk menulis dalam bahasa sunda, atau paling tidak memberikan wadah bagi calon pengarang sunda di Bogor,”tandasnya. (Aguy)

link

0 komentar for "GUBERNUR JABAR TERIMA BUKU SEJARAH BAHASA SUNDA"

Leave Reply

More on this category »?max-results=8">Label 13'); document.write(" More on this category »?max-results="+numposts8+"&orderby=published&alt=json-in-script&callback=showrecentposts8\"><\/script>");

Sample Gadget

Sample Gadget 2

Label 5

Label 1

CARITA RAHAYAT

Label 2

CARITA RAHAYAT

Label 3

More on this category »

Trending Topic

SAJARAH
Diberdayakan oleh Blogger.

Feed!

RSS Feed!
RSS Feed!
RSS Feed!
Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!
Feed!

Label 12

Random Post

  • motor matic injeksi irit harga murah
    asiabet188 agen bola sbobet terpercaya
  • Pengikut

    Comment